You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Banjarsari
Desa Banjarsari

Kec. Way Sulan, Kab. Lampung Selatan, Provinsi Lampung

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Sejarah Desa

ADMIN DESA BANJARSARI 26 Agustus 2016 Dibaca 92 Kali
Sejarah Desa
  1. Sejarah buka Alas Roban

Pada tahun 1962 datang dua kelompok pembuka lahan berjumlah 30 Orang  masing-masing 15 Orang dari daerah Mada 15 Orang dari daerah Waya, kedatangan mereka atas informasi bapak Rosidi suami dari ibu Roidah warga Lebuk kendur (Lubuk Mantang) berdasarkan peta kehutanan ada tanah kawasan cadangan.

  1. Desa Banjarsari merupakan salah satu desa definitive hasil pemekaran dari desa karang pucung.

Pada tahun 1987 berdasarkan SK gubernur nomor Banjarsari merupakan salah satu desa persiapan, kemudaian setelah proses panjang lebih dari empat tahun setiap desa diberi kesempatam untuk melengkapi berkas agar bisa menjadi desa definitive. Guna mempersiapkan itu semua maka dibentuklah panitia persiapan terbentuknya desa banjarsari, layaknya BPUPKI pada saat masa perjuangan bangsa Indonesia.

Panitiapun dibentuk dengan susunan panitia sebagai berikut

  1. Bapak Sumarjo Jabatan Ketua
  2. Bapak As.Mas’udin Jabatan Sekretaris
  3. Bapak Muhtadin Jabatan Bendahara
  4. Bapak Mad Saeun
  5. Bapak Tasrif
  6. Bapak Tohirin
  7. Bapak Suyatno

Panitia pemekaran Desa ini bukan tanpa hambatan, pada semasa hidupnya salah satu dari tokoh diatas pernah bercerita kepada putranya, ada salah satu berkas yang kala itu berkas itu hanya terdapat di desa definitive, karna waktu pembekasan syarat itu sudah begitu mepet sehingga beberapa diantara panitia diatas harus rela saat tengah malam  naik ke atas atap kantor desa guna ngeset (Photo copy kalau sekarang) berkas yang memang belum ada. Atas izin Allah Swt Proses pemberkasan berjalan lancer dan lengkap.

Akhirnya berdasarkan SK Gubernur nomor  tepat tanggal 12 Juli 1991 Desa Banjar sari di tetapkan sebagai desa definitive di kabupaten lampung selatan, adapun pelakasnaan pembagian SK tersebut dilaksbakan dilapangan lebung sari (merbau mataram Sekarang).

Tepat sejak tanggal tersebut desa banjarsari menjadi desa definitive yang menjalankan roda pemerintahan mandiri, adapun susunan jabatan pamong desa (Perangkat desa pertama di banjarsari sebagai berikut;

  1. Kepala Desa : Tholib
  2. Sekretaris Desa (Carik) : As.Mas’udin
  3. Kaur Pemerintahan : Mufrodi
  4. Kaur Umum : Muhtadin
  5. Kaur Pembagunan : Mad Saeun
  6. Kaur Kesra : Ahmad

Tidak  berselang lama Pj.Kepala Desa harus mengikuti pelatihan sebagai kepala Desa karna sepulang dari pelatihan beliau sakit dan berhalangan tetap akhirnya kepemimpinan pemerintahan desa terjadi peralihan dengan susunan sebagai berikut;

  1. Kepala Desa : As.Mas’udin
  2. Sekretaris Desa : Rustam Suwiryo
  3. Kaur Pemerintahan : Muhtadin
  4. Kaur Pembangunan : Mad Saeun
  5. Kaur Kesra : Ahmad

Adapun batas wilayah

  1. Utara      = karya basuki lamteng
  2. Timur     = Sukamaju
  3. Selatan  = Desa Kiam
  4. Barat      = Karang Pucung

Jumlah penduduk pada saat penetapan Desa Banjarsari tahun 1991 2.757

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image